Berbagi (darah)

Yang antri dan yang sedang diproses.

Aku merasa bersyukur sampai hari Minggu, 5 November 2017 masih bisa mengikuti kegiatan donor darah. Kali ini untuk yang ke-19. Seperti biasa tempatnya di Studio Radio 8EH, Bekasi Timur yang bekerja sama dengan PMI Kota Bekasi.

Pemeriksaan Hb dan Tensi.

Pemeriksaan pra donor selalu mendebarkan, kuatir tidak memenuhi syarat terus terpaksa pulang menempuh jarak kurang lebih 30 km lagi. Ternyata Hb-ku pas-pasan batas bawah, cuma 12,5 g/dL, tapi masih lolos untuk pemeriksaan tekanan darah (tensi). Tensi 125/80 (sistolik/diastolik dalam mmHg), sistolik sedikit di atas normal 120 mmHg. Masih lolos untuk donor darah. Alhamdulillah.

Proses penyedotan darah.

Seperti biasa, darah diambil 350 cc selama kurang lebih 10 menit. PMI pun seperti biasa memberikan makanan tambahan (extra fooding) sebagai ucapan terima kasih kepada pendonor dan dari penyelenggara pun (Radio 8 EH/RAPI Lokal 1 Bekasi Timur) memberikan souvenir. Dari PMI berisi minuman dalam kotak seperti susu dan sari buah, telur rebus, mie instant, serta kue kering. Vitamin Hufabion tidak diberikan sejak ditangani PMI Kota Bekasi hampir setahun yang lalu. Sebelumnya selalu diberikan sebanyak 5 kapsul.

Hufabion Kapsul obat adalah yang masuk kategori vitamin dan mineral, digunakan untuk penambah darah bagi mereka yang mengalami anemia defisiensi besi. Selain itu, obat ini juga berkhasiat untuk membantu metabolisme karena mengandung vitamin C dan B. Anemia defisiensi besi adalah kondisi kekurangan nutrisi zatbesi yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Anemia terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik. (Sumber: Klik-apotek.com)

Petugas pendaftaran disiapkan penyelenggara.

Formulir isian

Dalam liputan kali ini aku sertakan foto formulir yang harus diisi oleh peserta donor darah. Bentuknya standar dari PMI dan disediakan oleh PMI, sehingga dari penyelenggara tinggal menyiapkan alat tulis dan petugas untuk melayani calon peserta dan memanggil calon peserta ke dalam ruangan tempat pelaksanaan penyedotan darah.

Form isian halaman 1.

Di halaman 1 harus diisi data dasar pendonor seperti Nama, Alamat Lengkap, Tempat/Tanggal Lahir, Nomor Kartu, Pekerjaan dan Usia. Lalu dilingkari Penghargaan yang telah diterima (bila ada), apakah bersedia donor di bulan puasa, donor terakhir tanggal berapa, dan sekarang akan mendonor yang ke berapa kalinya.

Form isian halaman 2.

Di halaman kedua pertanyaan seputar kesehatan calon pendonor yang harus dijawab dengan sejujurnya untuk keselamatan pendonor maupun penerima darah pendonor. Di antara pertanyaannya adalah apakah sehat pada hari ini, apakah sering pingsan/kejang-kejang, apakah tidur malam 5-6 jam, dst. Setelah diisi, dikembalikan ke petugas pendaftaran dan menunggu giliran dipanggil.

Catatan di perjalanan pulang

Tidak seperti biasanya, aku pulang lewat rute lain yaitu masuk ke tol dalam kota. Ternyata dengan waktu start yang sama, sekitar pkl. 11.00, waktu tempuhnya lebih lama, 1,5 jam baru sampai rumah. Jalan tol dalam kota lebih padat merayap dibandingkan rute lewat JORR. Begitu bayar tol di gerbang Halim Utama langsung merambat sampai Pancoran. Namun ada beberapa hal menarik yang perlu aku tuliskan di sini.

Jelang GT Halim Utama

Tidak sama tinggi tapi teksnya sama, “2,1 m”

Di gerbang tol Halim Utama, portal yang terlihat jelas tidak sama tinggi satu dengan lainnya, tapi tulisan yang tercantum isinya sama, yaitu “Tinggi Maks 2,1 m”. Mungkin belum selesai rambu perubahan peruntukan kendaraan yang boleh melewati gerbang dimaksud, tapi tidak ada waktu lagi untuk melanjutkan pekerjaan, karena larisnya gerbang tol tersebut.

Lalu aku mampir membeli bahan bakar di satu pom bensin (SPBU) yang lupa kucatat nomornya. Di pom bensin di mana di tiap pompanya ada rambu peringatan mematikan HP, justru ada remaja putri sedang main HP di dekat salah satu pomba. Petugas tidak ada yang melarang, bahkan petugas yang melayani mobilku juga main HP sambil duduk di bawah (beton pondasi pompa) dan HP-nya seakan disembunyikan di bagian kiri tubuhnya, supaya tidak terlihat orang banyak, padahal sudah pasti tidak akan mengurangi bahaya, kalau memang mengoperasikan HP di pom bensin itu berbahaya. Sampai donor darah berikutnya bulan Februari 2018. (wp)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: