Cara (mudah) polisi menghalau kemacetan

Mengendara di kota Jakarta memang butuh kesabatan ekstra. Apalagi beberapa bulan terakhir dan masih beberapa bulan ke depan ini. Pembenahan dan pembangunan infrastruktur jalan di segala penjuru secara serentak, Utara-Selatan-Timur-Barat, sehingga sangat sulit memilih rute bepergian.Selain kemacetan di mana-mana, seringkali kita sudah memilih rute untuk berbalik arah di suatu lokasi putaran ternyata jalan masuk ke jalur cepat menuju putaran balik ditutup (sementara) oleh polantas (polisi lalu lintas). Atau tidak pun jalan masuk ke jalur cepat ditutup, sering juga sudah tertib mengikuti antrian panjang menuju lokasi putaran, tiba-tiba putaran ditutup (sementara) dan diarahkan ke putaran satu lagi yang lebih jauh.

Setelah sering mengalami kejadian ini, aku berkesimpulan, polisi yang mengatur saat itu menggunakan cara praktis menghalau kemacetan. Di depan matanya, mereka tidak ingin melihat kemacetan dan dengan kuasa pengaturan lalu-lintas yang dimilikinya, mereka dengan mudah menutup putaran dan mengarahkan kendaraan yang bernasib apes untuk terus menuju putaran berikutnya.

Selain putaran  berikutnya lumayan jauh jaraknya, sebetulnya juga tidak kalah panjang antriannya. Malah kemungkinan besar bertambah volume lalu-lintasnya, karena sebagian kendaaraan yang seharusnya sudah berbalik arah sebelumnya, jadi terakumulasi di putaran berikut tsb. Alhasil jarak bertambah jauh, waktu tempuh pun bertambah lama.

Bisa jadi itu salah satu teknik yang dipelajari dalam ilmu manajemen lalu-lintas (traffic management): Boleh macet, tapi jangan di depan mata saya. Kesal? “Sapa suru datang Jakarta….” (wp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: