Donor darah (lagi)

Piagam donor ke-10

Piagam donor ke-10 selain Pin.

Alhamdulillah aku bisa sampai ke-16 kali mendonorkan darahku, pada hari Minggu, 5 Februari 2017. Tetap di tempat yang sama yaitu di Studio Radio 8EH, Perumahan Taman Juanda, Bekasi Timur. Hari itu bersamaan dengan kali ke-35 RAPI dan Radio 8EH menyelenggarakan bakti sosial (baksos) donor darahnya.

6 tempat tidur

6 tempat tidur yang dioperasikan.

Kali ke-35 ini merupakan kali pertama penyelenggara didukung oleh PMI Kota Bekasi. Sebelumnya selalu bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta. Karena lokasinya di Bekasi juga, sebelum pukul 9 pagi, Tim PMI sudah siap melaksanakan kegiatan pengambilan darah. Biasanya pada waktu yang sama masih menunggu datangnya bus PMI DKI.  Bedanya PMI Kota Bekasi hanya menyediakan 6 (enam) tempat tidur dengan 3 petugas, sehingga sedikit lebih lambat aliran antrian pendonornya dibandingkan dengan 8 (delapan) tempat tidur sewaktu didukung oleh PMI DKI.

Pemeriksaan awal

Dokter memeriksa dan menginterview.

Dokter dari PMI Kota Bekasi yang memeriksa setiap calon pendonor cukup ketat dalam pemeriksaannya. Setiap calon ditanyakan apakah sedang mengkonsumsi obat, apakah cukup tidur malam sebelumnya, dan bila tekanan darah (tensi) di atas 130 (normal 120) akan langsung ditolak. Begitu pula ukuran tensi bawahnya, harus 80 maksimum, di atasnya akan langsung ditolak juga. Beberapa calon pendonor terpaksa pulang atau sebelum pulang memeriksakan kesehatannya dulu di tempat pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan penyelenggara.

Suasana donor darah, yg antri dan yg sedang diproses.

Suasana donor darah, yg antri dan yg sedang diproses.

Aku bersyukur kali ini bisa lolos melewati pemeriksaan awal tersebut dengan tensi normal 120/80 dan Hb (hemoglobin) 15. Baru sekali mencapai angka 15, biasanya di bawahnya tapi masih dalam range antara 12,5 dan 17, misalnya 13,8, 14,2. Di bawah 12,5 darah terlalu encer, di atas 17 darah terlalu kental. Mudah-mudahan dengan ketatnya pemeriksaan itu pun, penyelenggara masih berhasil mengumpulkan jumlah kantong plastik darah yang sama sebagaimana sebelumnya, yaitu sekitar 100 kantong.

Sambutan pembukaan

Pimpinan Radio 8RH, Bpk. Daddy Waluyo membuka kegiatan donor darah ke-35.

Kenapa aku tetap mendonor di Bekasi Timur, lokasi yang 30-an kilometer jarak sekali jalan dari tempat tinggalku? Ada beberapa alasan sebetulnya. Pertama, supaya jadwal 3 bulanan tetap bisa terjaga; kedua, Radio 8EH dan RAPI telah terbukti bisa rutin mengadakan baksos ini, tidak seperti kegiatan donor darah yang diadakan kalau ada event saja, misalnya kegiatan ulang tahun perusahaan anu, organisasi anu, dsb, yang sifatnya insidentil; ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah, sambil mengenang rekan kami Djasli Djamarus EL77 yang telah mendahului kami, komunitas ITB77. Almarhumlah yang mengenalkan aku dan kawan-kawan dengan lokasi donor darah ini, yang menjadi kediaman rekan kami Daddy Waluyo GL77.

Goodie bag

Goodie bag dari PMI Kota Bekasi

Lentera camping

Lentera camping multi fungsi

Seperti biasa selesai mendonor, setiap pendonor diberikan ucapan terima kasih, baik dari PMI Kota Bekasi, maupun dari penyelenggara. Dari PMI berupa goodie bag merah yang berisi mie instant, susu kotak, orange juice kotak, telur rebus, kue oat berisi almond dan mung bean. Sedangkan souvenir dari penyelenggara berupa lentera berdaya listrik dan solar, bisa buat senter dan lampu penerang saat camping, sekaligus bisa berfungsi sebagai power bank.

Spanduk kolaborasi

Kolaborasi beberapa pihak pada dondar ke-35.

Yang juga memperlihatkan kesungguhan penyelenggara adalah penyediaan pengobatan gratis yang dilayani oleh 6 (enam) dokter. Hal ini dapat terlaksana berkat kerja sama mereka dengan JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan) yang sedang merayakan HUT yang ke-2.

Salut buat Radio 8EH dan RAPI Lokal 1 Bekasi Timur. Donor darah berikutnya dijadwalkan pada tanggal 7 Mei 2017, sebelum puasa Ramadhan.

Petugas dondar

Petugas di meja pendaftaran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: