Pengaturan lalin yang aneh

Jalur busway di Jl. Buncit dipenuhi motor.

Jalur busway, riwayatmu kini…

Jalur busway di Jakarta seolah tidak akan pernah steril. Tidak perlu kucing-kucingan dengan polisi, bahkan seperti direstui oleh polisi. Coba anda tiap pagi melewati Jl. Buncit ke arah perempatan Mampang, silahkan saksikan bagaimana jalur busway penuh dengan motor, tidak jarang juga disisipi oleh mobil pribadi. Panjang deretan motor tersebut bisa sampai 500 meter sebelum perempatan Mampang. Ini koridor busway yang dari Ragunan ke arah Manggarai via Buncit-Kuningan.

Perempatan Mampang

Di perempatan Mampang menghalangi yang akan belok ke kanan.

Yang menyesakkan adalah kendaraan yang akan membelok ke kanan ke arah Trans TV atau Pancoran, seringkali tidak kebagian waktu lampu hijau karena terhalang oleh motor dari jalur busway yang akan terus ke Kuningan. Waktu untuk belok kanan hanya diberi 48 detik, yang saat tulisan ini dibuat sudah diperpanjang menjadi 76 detik. Tidak jarang yang akan membelok ke kanan harus menunggu gilrian lampu hijau berikutnya.

Apa yang diperbuat polisi? Pura-pura tidak melihat atau hanya melihat dari kejauhan, tanpa membantu menghentikan motor-motor dari jalur busway. Bahkan pernah suatu ketika, seorang polisi berada di jalur busway tersebut dan menyuruh motor dan mobil yang di jalur busway untuk jalan terus. Hilang kesabaranku, aku buka kaca mobil dan berteriak ke Pak Polisi untuk segera menghentikan kendaraan yang dari jalur busway, bukannya malah menyuruh mereka jalan.

Masuk ke jalur busway

Berebut masuk ke jalur busway dgn bebas merdeka.

Hal aneh lainnya, ruas jalur busway dari Pejaten sampai perempatan terakhir sebelum Mampang (perempatan 7 Eleven/Mampang Prapatan VII), disterilkan oleh polisi, bahkan kadang-kadang sampai lebih dari 1 orang polisi menjaga dan menilang motor dan mobil pribadi yang masuk ke jalur busway. Tapi ruas jalan dari perempatan Mampang Prapatan VII/Seven Eleven, motor bebas merdeka masuk ke jalur busway.

Soal ini pernah juga ku-upload di Youtube dengan judul “Jalur busway riwayatmu kini”. Bagaimana di jalur busway koridor lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: